Sawah tanpa Polusi/Unpolluted Rice Field

Akreditasi Program Studi 2012

Beningnya Mata Air Tirta Empul/Tirta Empul Holy Water

Akreditasi Program Studi 2012

Galian C di Kaldera Gunung Batur

PSMIL Menerima Karyasiswa Baru 2017

Reklame_Penerimaan_Mhs_Baru

Asesmen Lapangan PSMIL PPs Unud

Dalam rangka Reakreditasi Program Magister Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Udayana (PSMIL PPs Unud), Tanggal 9-11 Maret 2017 lalu melakukan Asesmen Lapangan bertempat di Gedung Pascasarjana, Kampus Unud Sudirman. Aseseor yang melakukan asesmen lapangan ke PSMIL berjumlah dua orang yaitu, Ir. Eddy Setiadi Soedjono, Dipl, SE, MSc, PhD dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Dr. Benno Rahardyan ST,MT dari Institut Teknologi Bandung.

DSC_6795DSC_6791

Acara dibuka oleh Sambutan Direktur PPs Unud Prof. Dr. dr. Raka Sudewi yang sekaligus juga memandu jalannya Asesmen Lapangan. Setelah sambutan Direktur PPs Unud dilanjutkan oleh Sambutan Rektor Unud yang kali ini diwakili oleh Bapak Wakil Rektor 1 Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS yang banyak memberikan informasi-informasi terkini tentang Universitas Udayana termasuk menyampaikan bahwa Universitas Udayana telah memperoleh Nilai “A” untuk Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi. Beliau berharap, PSMIL PPs Unud bisa mengikuti jejak Universitas Udayana untuk memproleh Nilai A untuk Akreiditasi Program Studi. Setelah sambutan Bapak WR 1, kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari Kepala Unit Sumber Daya Informasi (USDI) Universitas Udayana Prof. Dr. I Ketut Gede Darma Putra, S.Kom, M.T yang memaparkan tentang SIM-SIM yang telah dimiliki dan juga yang akan dikembangkan oleh Universitas Udayana.

DSC_6806DSC_6826

Asesmen juga diisi dengan wawancara dengan pengelola program studi, dosen, alumni, pengguna lulusan, dan mahasiswa. Kedua asesor juga berkesempatan mengunjungi prasarana penunjang PSMIL seperti Ruang KPS, Ruang Sekretariat, Ruang CReSOS, Lab CReSOS, Lab Biopestisida, Lab Tanah, serta Ruang Teleconference di GDLN (DK).

DSC_6846DSC_6881

RAPAT KOORDINASI SEMESTERAN DAN PERSIAPAN VISITASI PSMIL PPS UNUD

DSC_6613DSC_6620

Untuk mengevaluasi pelaksanaan perkuliahan Semester Ganjil 2016/2017 dan membahas perkuliahan semester genap Tahun Akademik 2016/2017 serta persiapan Visitasi Akreditasi Program Studi Magister Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Udayana, PSMIL PPs Unud menggelar rapat koordinasi semesteran dan persiapan visitasi Jumat (17/2/17) di Ruang 3.10 Gedung Pascasarjana Unud. Rapat dipimpin oleh KPS PSMIL PPs Unud Prof. Dr. Ir I Wayan Nuarsa, MSi didampingi oleh Sekretaris Prodi Dr. Ir I Made Adhika, MSP, dan Sekretaris Prodi Doktor Ilmu Lingkungan Prof. Dr. Ir. I Wayan Sandi Adnyana, MS yang diihadiri oleh 16 orang Guru Besar dan staf Pengajar PSMIL PPs Unud. agenda rapat yang dibahas adalah EVALUASI SEMESTER LALU, Penanganan Mahasiswa Lewat Waktu dan Peningkatan Lulus Tepat Waktu, Akreditasi PSMIL Unggul, dan Akreditasi Jurnal Ecotrophic. Selain hal-hal tersebut juga disampaikan informasi tentang rencana menyelenggarakan seminar nasional, seminar internasional, dan promosi prodi. Rapat kali ini juga disampaikan informasi perkembangan PDIL PPs Unud yang disampaikan oleh Prof. Sandi (DK).

PSAL PPS UNIVERSITAS PALANGKARAYA KUNJUNGI PSMIL PPS UNUD

Senin  13 Pebruari 2017 (kemarin) bertempat di Gedung Pascasarjana Jl PB Sudirman Denpasar, PSMIL PPs Unud kedatangan rombongan praktek kerja lapangan Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Palangkaraya.

DSC_6564DSC_6562

Rombongan berjumlah 26 orang yang terdiri dari 20 orang mahasiswa, 3 dosen pendamping mata kuliah dan 3 orang pengelola PS yang dipimpin langsung oleh KPS  Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Palangkaraya Dr. Petrus S.Senas, MP, yang didampingi oleh Direktur Program Pascasarjana Universitas Palangkaraya Prof. Dr. Ir. Sih Winarti, MS dan Ketua Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Palangkaraya Prof. Dr. Ir. Salampak, MS.  Kunjungan diterima oleh Direktur PPs Unud Prof. Dr. Dr. A.A. Raka Sudewi, SpS (K) yang didampingi oleh Ketua Program Studi Magister Ilmu Lingkungan PPs Unud Prof. Dr. Ir I Wayan Nuarsa, MSi serta KPS Doktor Ilmu Lingkungan PPs Unud Prof. Dr. I Wayan Budiarsa Suyasa, MS. Prof. Sudewi sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan PSAL UNIPAL ini dan berharap bisa bertukar gagasan dan pengetahuan di bidang lingkungan. Sementara itu Prof. Nuarsa juga menyampaikan presentasi tentang profil PSMIL PPs Unud dan berharap mendapat masukan ataupun berbagi ilmu untuk kemajuan PSMIL Unud maupun PSAL UNIPAL. Program unggulan dari PSMIL Unud adalah konsentrasi Environmental Remote Sensing yang sudah mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti Program Double Degree ke Yamaguchi University Jepang, dimana tahun ini merupakan tahun kelima, begitu dijelaskan oleh Prof.  Nuarsa.

Sementara itu Dr. Petrus (KPS PSAL UNIPAL) menuturkan bahwa maksud kunjungan dari PSAL UNIPAL ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai profil program Studi Magister Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Udayana dan bertukar pikiran serta gagasan tentang pengetahuan dalam pengembangan lingkungan hidup berkelanjutan. Dr. Petrus juga menambahkan PSAL UNIPAL sangat berminat untuk mengikuti jejak PSMIL PPs Unud agar bisa melaksanakan program double degree. Acara kunjungan ditutup oleh KPS S2 Lingkungan PPs Unud yang ditandai dengan pertukaran kenang-kenangan dari kedua program studi. (DK)

  DSC_6581DSC_6589

Jadwal Kuliah Matrikulasi TA 2016/2017

Yth. Bapak/Ibu Mahasiswa Baru PSMIL PPs Unud TA 2016/2017, Jadwal Matrikulasi dapat dilihat didownload di bawah ini. Terima Kasih Admin

JADUAL MATRI-S2 Th 2016_Page_1

JADUAL MATRI-S2 Th 2016_Page_1

JADUAL MATRI-S2 Th 2016_Page_2

JADUAL MATRI-S2 Th 2016_Page_2

JADUAL MATRI-S2 Th 2016_Page_3

JADUAL MATRI-S2 Th 2016_Page_3

 

Jadwal UAS Semester Genap TA 2015/2016

Yth. Bapak/Ibu Dosen Pengajar dan Mahasiswa PSMIL PPs Unud TA 2015/2016 Berikut kami sampaikan Jadwal Ujian Akhir Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Terima Kasih Admin Jadwal UAS semester Genap_2015_2016_Page_1Jadwal UAS semester Genap_2015_2016_Page_2

SK Penyelenggaraan S3 Ilmu Lingkungan PPs Unud

sk psdil unud (1)_Page_2 sk psdil unud (1)_Page_3 sk psdil unud (1)_Page_4

Program S3 Ilmu Lingkungan Dibuka

PENGUMUMAN

Dengan keluarnya SK Menristek Dikti No: 90/KPT/I/2016 tentang Pembukaan Program Studi pada Universitas Udayana di Denpasar yang salah satunya memberikan izin pembukaan Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL), maka dengan ini PDIL akan membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2016/2017. Pendaftaran gelombang I dapat dilakukan pada tanggal 1 sampai 14 April 2016. Proses pendaftaran dilakukan secara online.

Untuk informasi lebih detail dapat menghubungi:

  • Prof. Dr. I Wayan Budiarsa Suyasa (081338700863)

  • Prof. Dr. I Wayan Nuarsa (08179786196)

Procedure for Master Course Student Enrollment for Class 2016

prosedur master course PMIL

Biro PKLN Kemdikbud kerjsama dengan PSMIL PPs Unud Gelar Workshop Character Building dan Penganugerahan Beasiswa Unggulan 2015

Untuk mengapresiasi penerima beasiswa unggulan yang berprestasi dan menguatkan karakter kepribadian mahasiswa, PSMIL Unud bekerjasama dengan Biro PKLN Kemdikbud, menyelenggarakan Workshop Character Building dan Penganugerahan Beasiswa Unggulan 2015, 6-8 September 2015. Sebelum workhsop, minggu 6/09/15 lalu, diadakan kegiatan ajang kreatifitas sesama penerima beasiswa di Warung Rekreasi Bedugul. Kegiatan ini difokuskan untuk membangkitkan kreativitas dan kebersamaan dan semangat masing-masing peserta untuk mengikuti kegiatan selanjutnya.

DSC_1367 DSC_1271

Senin 7/9/15 lalu, workshop diawali dengan sambutan Ketua Panitia Dr. Ir. I Wayan Nuarsa, MSi. Dalam sambutannya beliau memaparkan acara ini diikuti oleh mahasiswa peneriman beasiswa unggulan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dari Universitas Udayana, Institut Seni Indonesia  Denpasar, dan Politeknik Negeri Bali. Nuarsa juga menambahkan acara ini adalah acara dua tahunan, yang merupakan program rutin dari Biro PKLN.

Acara dibuka secara resmi  oleh Kaprodi S2 Lingkungan Prof. Budiarsa Suyasa. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan yang didukung oleh Biro PKLN Kemdikbud untuk menumbuhkan tali silahturahmi antar penerima beasiswa, kebersamaan dan penganugerahan. Menurut Prof Budiarsa, S2 Ilmu Lingkungan sebagai salah satu provider beasiswa unggulan BPKLN sangat disyukiri karena dapat membantu mahasiswa melanjutkan studi dengan sukses dan meraih prestasi. Karena kerjasama ini dirasa sangat positif dalam membantu masyarakat (mahasiswa) untuk mencapai akses pendidikan dan menunjukan prestasi maka diharapkan program ini dapat terus berlanjut dan semakin dikembangkan kualitasnya. Pada kesempatan itu, Prof Budiarsa juga menyampaikan tantangan bagi penerima beasiswa unggulan untuk senantiasa berjuang, berprestasi dengan mampu menghasilkan kajian/penelitian yang bermutu dan mampu menulis dan mempublikasikannya secara ilmiah dalam ajang nasional dan international.

Koordinator beasiswa unggulan Bapak Musa Yosep, S.Ip, M.Ak yang hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, mempertegas bahwa mahasiswa penerima beasiswa unggulan ini adalah orang-orang terpilih berdasarkan kualifikasi BPKLN dan prodi dimasing-masing universitasnya sehingga bisa menerima Beasiswa Unggulan. Ditambahkan juga, kita harus membiasakan budaya kerja sesuai dengan slogan yang didengungkan Presiden Jokowi. Beliau juga menambahkan penerima beasiswa unggulan kerjanya hanya satu yaitu belajar. Acara ini juga diisi oleh presentasi dari mahasiswa-mahasiswa terbaik dari setiap universitas yang mempresentasikan hasil kajian/penelitiannya selama studi. Kemampuan presentasi, materi dan prestasi bidang akademik masing-masing peserta menjadi acuan penilaian untuk memperoleh award kali ini.

DSC_1746

DSC_1806

Kegiatan diakhiri dengan malam pemberian award bagi  penerima Beasiswa Unggulan Tahun 2015 yaitu best presenter yang diperoleh oleh I Gusti Ayu Diah Puspita dari Fakultas Teknologi Pertanian Unud dan Putu Edi Yastika dari PSMIL PPs Unud jebolan Double Degree Program antara PSMIL PPs Unud dengan Yamaguchi University Jepang. Selain itu juga diberikan penghargaan bagi peraih prestasi akademik tertinggi dari masing-masing universitas yang diraih oleh Kadek Ryan Surya Negara (PSMIL PPs Unud), I Gusti Ayu Diah Puspita (FTP Unud), Ni Kadek Ratih Agustini (Politeknik Negeri Bali), dan Oang Gabriel Matanari (ISI Denpasar).